Sebelum Pasang, Kenali Jenis Pola Motif Lantai Vinyl

Dulu banyak yang beranggapan bahwa rumah hanyalah tempat untuk berlindung dan menetap saja. Sehingga, untuk desain rumah pun tidak terlalu diperhatikan, ya. 

Namun semakin ke sini semakin banyak penghuni rumah yang menyadari bahwa desain dan kecantikan rumah sangatlah penting.

Pentingnya Pemilihan Jenis Lantai

Salah satu hal yang membuat rumah semakin cantik adalah jenis dan motif lantai apa yang digunakan. Apakah itu lantai vinyl, lantai kayu, lantai papan, lantai keramik, dan lain sebagainya. 

Apapun jenis lantainya sebaiknya gunakan desain atau motif yang cantik dan menarik sehingga menambah nilai pada hunian Anda, ya.

Tidak hanya bangunan rumah saja yang diperhatikan oleh banyak orang ketika melewati atau berkunjung ke rumah Anda. Namun lantai juga sangat berperan penting dalam penilaian rumah. 

Karakter Anda bisa langsung diketahui dari desain rumah, pemilihan cat tembok, dan bahkan jenis lantai sekalipun.

Karena alasan tersebutlah motif lantai sangat dipentingkan untuk memberikan kesan hangat, mewah, segar, ataupun sederhana di rumah kesayangan Anda.

Jenis Pola Pemasangan Lantai Vinyl

Jika Anda bingung bagaimana cara yang tepat dalam pemilihan motif lantai atau pola lantai maka bisa menyimak pembahasan kali ini mengenai jenis pola pemasangan lantai vinyl, ya. 

Berdasarkan pemasangan yang paling mudah dan terpopuler: 

1. Pola Lurus / Grid / Square / Ashlar 

Pola Ashlar Lantai Vinyl
Pola Ashlar pada Motif Sunset Beige Lantai Vinyl Alvera

Kalau motif lantai yang satu ini, pasti sudah umum dijumpai. Polanya kotak atau persegi panjang. Maka itu, pemasangannya juga cukup sederhana, karena cukup mengatur pola ubin sesuai garis vertikal dan horizontal yang diinginkan. 

pola ashlar pemasangan lantai vinyl
Pola Ashlar – Pemasangan Lantai Vinyl

Agar tampak lebih menarik, dapat dipertimbangkan material atau motif berbeda di tengah ruang sebagai focal point atau aksen. 

2. Pola Diagonal

Pola Motif Diagonal Lantai Vinyl
Pola Motif Diagonal Lantai Vinyl. Sumber: pinterest.com

Pola diagonal juga sangat populer untuk menambah estetika dan kesan ruangan lebih lapang. Pola apapun sebenarnya bisa dibentuk diagonal point, yang terpenting adalah memiringkan ubin agar tercipta tampilan yang lebih dinamis. 

3. Pola Brick Pattern 

alvera coffee brown lantai vinyl motif kayu pada ruang keluarga
Motif Coffee Brown Lantai Vinyl Alvera
pola brick pemasangan lantai vinyl
Pola Brick – Pemasangan Lantai Vinyl

Selanjutnya, ada Brick Pattern yaitu motif lantai yang membentuk pola batu bata expose. Ubin persegi disusun sedemikian rupa, lalu mengatur setengah ubin di bawahnya, demikian seterusnya hingga tercipta efek batu bata expose yang cantik. 

4. Pola Pinwheel atau Hopscotch

Pola ini lebih sederhana ketimbang yang terlihat. Cukup memasangkan dua lantai kotak atau persegi panjang dengan ukuran berbeda, lalu disejajarkan di satu sisi hingga membentuk pola menyerupai belah ketupat. 

Disarankan memakai warna atau bahan kontras untuk efek dekoratif yang lebih bervariasi. 

Berdasarkan pemasangan paling sulit:

1. Pola Herringbone

Pola Herringbone pada Motif Fresh Pine Alvera

Motif lantai vinyl yang dianggap klasik, bentuknya hampir mirip dengan sisik ikan sehingga pada saat dipasang bisa membuat suasana rumah menjadi lebih cantik. Meski begitu, pola ini butuh pemotongan khusus sehingga menjadi salah satu jenis lantai yang paling sulit diaplikasikan.

Jika Anda ingin memasang lantai dengan motif ini, maka lebih disarankan untuk memilih jenis lantai yang berbentuk persegi panjang atau plank (papan). 

2. Pola Stagger

alvera rustic wood lantai vinyl motif kayu pada restaurant cafe
Pola Stagger pada Motif Rustic Wood Alvera
pola stagger pemasangan lantai vinyl
Pola Stagger – Pemasangan Lantai Vinyl

Motif flooring lantai lainnya yang cukup sulit adalah Stagger Pattern. Pasalnya, motif ini memiliki teknik selang-seling dengan variasi 2-3 warna berbeda. Motif ini juga membutuhkan keahlian khusus agar warna ubin bisa terlihat padu dan serasi. 

 

Berdasarkan efek pada luas ruangan:

Beberapa motif vinyl tiles juga bisa berdampak pada ilusi ruangan terlihat lebih lapang dan lega. Salah satunya adalah  motif diagonal atau motif wave yang dapat menciptakan efek dramatis dalam ruangan, sehingga terlihat lebih panjang dan luas. 

alvera hampton oak lantai vinyl motif kayu pada studio
Motif Hampton Oak Lantai Vinyl Alvera

Sedangkan, untuk ruangan yang besar seperti aula atau hall, motif Quarter-Turn adalah pilihan ideal. Karena, luxury vinyl tile motif yang satu ini polanya unik dan cocok diaplikasikan ke ruangan yang besar.

 

Berdasarkan tema rumah scandinavian, rustic, & industrial:

1. Pola Flemish Bond

Untuk variasi satu atau dua warna motif, Flemish Bond cocok digunakan. Vinyl lantai ini dibuat dari kotak atau persegi panjang berselang-seling. Maka itu, motif lantai vinyl ini sangat cocok untuk scandinavian interior.

2. Pola Random

alvera maple white lantai vinyl motif kayu pada kamar tidur
Pola Random pada Motif Maple White Lantai Vinyl Alvera

Sesuai dengan namanya motif lantai vinyl ini dibuat tanpa pola tertentu. Jadi, dapat diaplikasikan ke berbagai variasi warna. Motif random ideal untuk desain hunian industrial ataupun rustic.

Nah, gimana, sudah dapat ide untuk pemasangan lantai vinyl Anda? Beragam produk lantai vinyl menarik dan beragam motif bisa Anda dapatkan di Alvera melalui PT Mulford Indonesia (Retail) dan Matrikstama by PT Alderon Pratama Indonesia (Proyek) dengan mengisi inquiry form atau menghubungi kami di nomor Whatsapp 081802951030.

Dengan lantai vinyl bermotif atau pola menarik, ruangan juga terkesan lebih luas, indah, dan nyaman. Mengenai kualitas juga tidak perlu diragukan lagi, Alvera sangat tepat untuk lantai vinyl hunian Anda. Simak terus artikel-artikel inspiratif lainnya di Blog Alvera, ya. 

Bagikan artikel ini: