Pilihan Lantai yang Cocok untuk Konsep Industrial

Saat akan membangun pabrik atau gudang, sering kali dipilih lantai industrial. Tapi jenis lantai ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk berbagai jenis properti lainnya. Tapi tahukah Anda sebenarnya apa itu lantai industrial, kegunaan dan apa pula jenis-jenisnya? Simak di bawah ini yuk supaya lebih tahu.

Apa Itu Lantai Industrial?

Lantai industrial adalah jenis lantai yang didesain untuk memenuhi persyaratan tiap jenis lantai rumah industrial. Misalnya dilihat dari segi daya tahan, pergerakan beban di atasnya, estetika, produk kimia, dan lain sebagainya. Jadi jenis lantai industrial berbeda-beda tergantung dari bidang industri dan penggunaan propertinya.

Lantai industrial ada yang 100% digunakan untuk memenuhi kepentingan industri. Misalnya saja lantai pabrik. Tapi ada juga lantai industrial yang diambil konsepnya saja. Misalnya bisa Anda temui di kafe, salon, atau butik yang menggunakan desain interior bergaya industrial.

Jenis Lantai Industrial dan Kegunaannya

Pemilihan lantai industrial bisa hanya berdasarkan selera saja. Banyak juga yang menganggap jenis lantai ini lebih praktis. Dalam pembangunan gudang, pabrik, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya, lantai industrial memang lebih dibutuhkan. Berikut ini adalah jenis lantai industrial dari segi material dan kegunaannya:

1. Lantai Beton

lantai beton pada gudang
Lantai Beton pada Gudang. Sumber: thespruce.com

Beton digunakan untuk konstruksi jalan dan tempat parkir. Jadi kualitasnya sudah jelas kuat dan tahan lama. Kelebihan lainnya adalah lantai beton tidak butuh perawatan yang repot. Karena itu, lantai beton biasanya dipilih untuk pabrik, gudang, pusat logistik, dan lain sebagainya.

Bahkan di pusat perbelanjaan, kafe, dan lain sebagainya yang mengusung desain industrial juga sering digunakan. Soalnya motif lantai beton juga beragam. Ada juga bisa memilih lantai beton biasa dan ada pula yang memilih lantai beton poles agar tampilannya lebih elegan dan lebih terasa seperti tempat publik yang nyaman dan bersih.

2. Lantai Vinyl

inspirasi lantai vinyl untuk kamar tidur industrial alvera
Lantai Vinyl Konsep Industrial pada Kamar Tidur

Lantai vinyl teksturnya lebih lembut dan cukup fleksibel. Kelebihannya adalah tidak licin, jadi lebih nyaman dilewati. Selain itu, lantai vinyl juga tidak butuh banyak perawatan. Ada banyak pula kelebihan lantai vinyl, misalnya saja pemasangannya yang mudah.

Lantai vinyl cocok digunakan pada area dengan mobilitas tinggi seperti restoran, cafe, aula pameran hingga perkantoran. Lantai vinyl juga cocok dipadupadankan dengan furnitur yang mendukung konsep industrial, hal ini dikarenakan ada banyak motif warna lantai vinyl yang bisa dipilih. Terutama jika Anda pilih lantai vinyl Alvera. Berikut pilihan lantai vinyl Alvera – Stone Series yang cocok untuk konsep industrial:

stone series motif lantai vinyl batu alam konsep industrial

Anda bisa temukan berbagai motif lantai vinyl Alvera lainnya disini.

alvera yosemite grey lantai vinyl motif batu alam keramik pada toko retail
Lantai Vinyl pada Area Retail dengan Konsep Industrial

3. Lantai Beton Ekspos

lantai beton ekspos konsep industrial
Lantai Beton Ekspos pada Hunian Konsep Industrial. Sumber: polishedconcretefloorsaustralia.com

Lantai beton ekspos adalah beton yang digunakan untuk kepentingan estetika. Jadi beda dengan beton yang dipakai di pabrik. Lantai beton ekspos dibuat lebih elegan tampilannya. Anda bisa menggunakannya di rumah, restoran, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Jenis lantai ini disukai karena terasa sejuk dan tampilannya pun modern.

4. Lantai Karet dan PVC

lantai karet pvc abu-abu
Lantai Karet PVC Abu-abu. Sumber: justdial.com

Lantai karet dan PVC teksturnya lembut juga cocok digunakan untuk rumah industrial. Jadi lebih fleksibel dan terasa nyaman di kaki, meski Anda tidak menggunakan alas kaki. Jadi lebih nyaman karena kemampuannya menyesuaikan diri. Lantai karet dan PVC bersifat anti selip, tahan air sekaligus tahan api. Tapi lantai karet dan PVC tidak terlalu tahan lama dan butuh dirawat dan dibersihkan secara teratur.

Jenis lantai ini tidak bisa menahan beban berat atau dilewati barang berat terlalu sering. Jadi lebih disarankan untuk jalur yang hanya dilalui pejalan kaki saja. Lantai semacam ini sering ada di pinggiran kolam renang dan di jalan setapak yang khusus untuk dilalui orang saja.

Itulah pembahasan lengkap soal lantai industrial. Anda tertarik untuk mengaplikasikan salah satu jenis lantai industrial di bangunan Anda? Anda bisa mengisi formulir online atau menghubungi kami di 021 2188 2008 untuk mengajukan pertanyaan atau pemesanan.

Bagikan artikel ini: