6 Jenis Lantai Terbaik untuk Rumah Selain Keramik

Ada banyak jenis lantai di pasaran yang bisa dipilih. Untuk menentukan yang paling cocok, sangat penting memahami jenis lantai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai bagian dari rumah, lantai merupakan elemen hunian yang paling sering bersentuhan dengan kita.

Memilih jenis lantai yang tepat, akan membuat penghuni rumah merasa lebih nyaman dan suasana lebih hangat. Namun, pemakaian lantai keramik terkadang bisa membosankan karena sudah terlalu umum. Yuk, simak beberapa pilihan alternatif jenis lantai selain keramik di bawah ini untuk menambah inspirasi desain hunian Anda!

Jenis Lantai Rumah Selain Lantai Keramik

Adapun beberapa alternatif jenis lantai rumah selain lantai keramik, adalah sebagai berikut:

1. Lantai Granit

lantai granit
Lantai Granit. Sumber: Pinterest.com

Seperti marmer, granit terbuat dari batuan alami. Lantai terasa lebih adem, tahan gores, anti noda, dan disukai banyak orang. Meskipun hadir dalam berbagai pilihan warna, akan tetapi harganya juga berat di kantong. Jika terkena air juga akan menjadi lebih licin, sehingga harus selalu dibersihkan.

2. Lantai Plester / Lantai Semen

lantai semen
Lantai Semen. Sumber: Unsplash.com

Selanjutnya adalah jenis lantai plester atau semen yang trendi. Meski begitu, lantai plester mudah terkena noda dan retakan jika tidak dirawat dengan benar. Jadi, pemilik rumah harus memberikan perawatan ekstra agar lantai semen tetap awet.

3. Lantai Parket

lantai parket parquet
Lantai Parket. Sumber: Unsplash.com

Lantai parket terbuat dari potongan kayu, disusun secara geometris untuk memberikan efek dekoratif. Keunggulan jenis lantai parket adalah lebih stabil dibandingkan lantai kayu biasa. Karena serpihan kayu akan dikunci satu sama lain, kecil kemungkinan bergeser. Sayangnya, lantai parket tidak tahan kelembapan dan air.

4. Lantai Marmer

lantai marmer
Lantai Marmer. Sumber: istockphoto.com

Jenis lantai lainnya yang keren adalah lantai marmer. Interior akan terkesan lebih mewah, elegan, dan modern. Hunian juga akan bernilai tinggi jika hendak dijual di masa depan. Kelemahan utamanya adalah harganya mahal, dan jika ada goresan, akan mudah terlihat. Oleh karena itu, lantai marmer butuh perawatan rutin.

5. Lantai Karpet

lantai karpet
Lantai Karpet. Sumber: shawcontract.com

Lantai karpet adalah salah satu penutup lantai yang paling populer digunakan saat ini karena keragaman warna, pola, dan tekstur. Secara visual, ruangan akan berubah lebih cantik tanpa ribet pemasangan ubin. Akan tetapi, karpet dapat mudah menyerap debu, tungau, hingga jamur. Maka itu, harus rajin dibersihkan setiap hari agar tidak menimbulkan alergi.

6. Lantai Vinyl

lantai vinyl terbaik merk yang bagus alvera
Lantai Vinyl Alvera

Jenis lantai vinyl sangat direkomendasikan dengan berbagai kelebihan lantai vinyl . Mulai dari pemasangan yang mudah, anti noda, tahan kelembaban, dan tahan gores. Perlu diketahui, lantai vinyl juga tersedia dalam berbagai warna dan desain. Motif lantai vinyl ada yang menyerupai lantai kayu, marmer, granit, sampai keramik. Anda bisa lebih mudah menyesuaikan kebutuhan desain hunian.

Alvera, Pilihan Terbaik untuk Lantai Vinyl

Nah, untuk mendapatkan pilihan terbaik jenis lantai vinyl, pastikan Anda hanya menggunakan produk Alvera . Terbuat dari bahan berkualitas terbaik dan premium namun harga tetap kompetitif di pasaran.

Lantai Alvera menyediakan lantai desain natural dan modern untuk mewujudkan hunian impian Anda. Tak hanya itu, harganya terjangkau dan pemasangannya sangat sederhana, bahkan Anda bisa memasang sendiri.

Apa Ciri-ciri Lantai Vinyl Berkualitas?

Dengan memahami ciri-ciri jenis lantai vinyl berkualitas, Anda bisa menentukan lantai yang tepat. Berikut di antara ciri-cirinya:

  • Anti rayap 

Lantai vinyl berkualitas tidak akan mudah terkena rayap. Sebab, terbuat dari bahan dasar PVC, bukan bahan kayu.

  • Motif lantai vinyl bervariasi 

Tersedia dalam banyak pilihan motif lantai vinyl , seperti kayu, batu alam, keramik, dan sebagainya.

pilihan motif lantai vinyl alvera
Pilihan Motif Lantai Vinyl Alvera
  • Nyaman dipijak

lantai vinyl nyaman dipijak diinjak empuk hangat
Lantai Vinyl Nyaman Dipijak

Tekstur lantai vinyl terasa halus ketika dipijak dengan kaki telanjang. Karena lantai vinyl mengandung busa pada lapisan bawah.

  • Mudah dipasang dan tahan lama 

pemasangan lantai vinyl langkah 5 pasang tekan dengan palu karet
Ilustrasi Pemasangan Lantai Vinyl

Jenis lantai vinyl dapat dipasang sendiri dengan mudah. Cukup direkatkan saja ke permukaan lantai.

  • ISO 9001 dan bersertifikat Floorscore

iso 9001 dan sertifikat floor score
Alvera Memiliki Sertifikat ISO 9001 dan floor score

Demikianlah informasi tentang beberapa jenis lantai dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda lebih yakin memilih jenis lantai berkualitas terbaik. Temukan berbagai pilihan produk lantai Alvera dengan mengunjungi website Alvera.

Bila ada pertanyaan atau informasi lebih lengkap terkait produk Alvera, silakan hubungi tim marketing di  021 2188 2008  atau mengisi inquiry form .

Bagikan artikel ini: